Syarat Lolos Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Posted on

Siapa yang tidak ingin menjadi tuan rumah dalam gelaran pertandingan ajang internasional, terlebih lagi ajang tersebut adalah Piala Dunia. Semua negara setiap kali selalu berusaha memperbaiki citra dan juga kondisi negaranya hanya agar bisa menjadi tuan rumah dalam ajang sepak bola empat tahun sekali itu. Namun nyatanya tidak semua negara bisa mewujudkan impian mereka.

Ada beragam syarat yang harus dipenuhi agar suatu negara dinyatakan layak sebagai penyelenggara piala dunia. Tentunya berbagai persiapan harus diusahakan jika memang berniat untuk ikut bersaing bersama dengan negara lain. Indonesia pun sudah berkali-kali memiliki mimpi serupa, namun hingga kini belum ada sinyal FIFA akan melirik Indonesia baik di  piala dunia 2018 atau kedepannya.

tuan rumah piala dunia

Daftar Persyaratan Agar Lolos Jadi Tuan Rumah Piala Dunia.

Persiapan Dana

Masalah dana memang sangat krusial. Sebab untuk menggelar perhelatan semacam pernikahan saja, dana yang dihabiskan bisa sampai miliaran rupiah, apalagi jika even yang akan dilaksanakan bertaraf internasional. Dana yang harus digelontorkan oleh tuan rumah piala dunia adalah miminal 40 juta Dolar Amerika, jumlah itu adalah jumlah terminimal yang harus dikeluarkan.

Biaya tersebut tentunya meliputi akomodasi semua pemain, biaya poster, atribut dan perbaikan sarana serta prasarana. Maka tidak heran jika selama ini yang berani maju dalam persaingan meraih gelar tuan rumah adalah negara-negara besar yang notabene memang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan biaya tersebut.

Kepemilikan Stadion

Tentunya tidak akan ada pertandingan sepak bola jika tidak ada stadion yang digunakan. Namun tentunya bukan hanya stadion yang biasa. Seperti yang bisa kita saksikan bersama, semua stadion yang pernah menjadi tempat berlangsungnya laga antar negara di dunia tersebut selalu megah dan mewah.

Bukan hanya itu, semua stadion juga harus memenuhi standar FIFA sebagai stadion bertaraf internasional. Setiap calon tuan rumah yang mengajukan diri, minimal harus memiliki 12 stadion berstandar FIFA. Bukan hanya ukuran stadion yang harus berstandar FIFA, tetapi juga termasuk penerangan, rumput, drainase dan lain sebagainya.

Tempat Latihan

Pasti Anda pernah mendengar ada klub bola internasional yang tidak jadi melakukan latihan ketika akan diadakan laga tanding persahabatan di Indonesia beberapa waktu lalu? Salah satu yang menjadi alasan mereka adalah rumpu yang tidak sesuai dengan standar FIFA dan juga kondisi lapangan. Memang, walaupun terlihat sepele, namun rumput adalah salah satu fakor penting dalam menilai lapangan.

Maka dari itulah akhirnya Gelora Bung Karno direnovasi dan rumput di sana pun sudah disesuaikan dengan standar untuk jadi tuan rumah. Rumput ini selain harganya mahal, perawatannya pun juga mahal. Tak pelak tidak banyak negara yang bisa lolos dalam kualifikasi ini. Rumput tersebut istimewa karena memang tidak licin sehingga bisa mengurangi kemungkinan pemain untuk cidera.

Keberadaan Bandara dan Hotel

Untuk syarat yang berikut ini tentunya cukup mudah, dan hampir semua negara bisa memenuhinya. Syarat tersebut adalah harus adanya bandara berkelas internasional. Selain itu, untuk keberadaan hotel, negara yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah harus memiliki hotel bintang 3 serta bintang 4, masing-masing berjumlah minimal 15 buah.

tuan rumah piala dunia russia

Dukungan Pemerintah dan Negara Tetangga

Keberlangsungan piala dunia ternyata juga tidak lepas dari dukungan pemerintah negara tersebut terhadap dunia sepak bola, bukan hanya sepak bola internasional tetapi juga lokal. Selain dukungan dari dalam negeri, syarat lain yang harus dimiliki negara calon tuan rumah adalah dukungan negara tetangga yang bersebelahan dengan negara tersebut.

Kurang lebih harus ada 15 negara tetangga yang menyatakan menyambut baik dan mendukung berlangsungnya gelaran piala dunia di negara calon tuan rumah. Dukungan ini juga berarti bahwa negara tersebut memang layak menyandang tanggung jawab sebagai tuan rumah.

Transportasi

Dalam ajang piala dunia, bukan hanya berbicara masalah pertandingan itu sendiri, tetapi juga semua hal yang berkaitan dengan pertandingan, termasuk di dalamnya makanan, akomodasi, dan juga transportasi. Tanpa transportasi yang baik, maka perpindahan pemain dari hotel ke stadion pasti akan terganggu yang nantinya akan mengurangi performa mereka di dalam pertandingan.

Kemananan

Sesuai predikatnya, ajang piala dunia pastinya akan menghadirkan banyak pemain terkenal kelas dunia. Tentunya setiap pemain membutuhkan pengamanan ekstra ketat dan spesial. Atas alasan itulah negara penyelenggara harus mau menyediakan keamanan yang mumpuni yang menjamin keselamatan tiap pemain dan tim.