Sederet Kejadian Kontroversial di Piala Dunia

Posted on

Seperti yang kita ketahui bahwa pada bulan Januari 2018 lalu FIFA mengumumkan bahwa mereka akan memakai Video Asistant Replay (VAR) selama pertandingan Piala Dunia pada musim panas ini yang diselenggarakan di Rusia. Sejarah turnamen Piala Dunia akan terkesan berbeda jika VAR benar menjadi pilihan. Bahkan Inggris dapat memenangan ajang Piala Dunia untuk kesekian kalinya atau bisa juga kemungkinan tersebut justru berbanding terbalik.

Dari munculnya statement FIFA yang akan menggunakan VAR ini maka muncul lah harapan baru. Dimana, mereka berharap sejumlah kontroversial yang pernah terjadi di ajang Piala Dunia 2018 dapat diubah oleh VAR. Lantas, kejadian kontroversial apa sajakah yang pernah terjadi selama ajang Piala Dunia berlangsung? Informasi lengkapnya akan kami ulas lengkap dibawah ini.

Sederet Kejadian Kontroversial di Ajang Piala Dunia

Kartu Kuning untuk El Diego

Pada ajang piala dunia yang diselenggarakan tahun 1986 saat Argentina melawan Inggris, Diego Maradona memberikan pukulan kecil kontroversial yang menjadikan bola tersebut melewati Peter Shilton dan membawa Argentina unggul pada perempatan final. Kejadian ini merupakan suatu ketidakadilan dalam sepakbola yang menjadikan VAR dirancang pada pertandingan empat tahunan musim ini untuk menghindari kejadian serupa.

kontroversial di piala dunia

Kala itu, pemain Inggris memprotes wasit sayangnya salah seorang petugas di Stadion justru memberikan aba-aba kepada sang pengadil bahwa hal tersebut tetap layak untuk dilakukan cek ualng. Gol tersebut lalu dianulir dan Diego Maradona memperoleh kartu kuning.

Sakit Hati yang Dirasakan selama 52 Tahun

Pada tahun 1966 saat Inggris melawan Jerman Barat memang terjadi suatu hal yang sangat kontroversial tak heran jika akhirnya Jerman menyimpan rasa sakit hati tersebut selama 30 tahun. Bahkan, hal inilah yang menjadikan para ilmuan sepakbola dari Oxford dan Imperial College London menegaskan bahwa hasil penelitian mereka di laga Piala Dunia 1966 bahwa gol ketiga Inggris memang tidak melewati garis gawang.

Pada kala itu, Inggris memang terus memberikan underpresser kepada lawan pada babak tambahan di Jerman sehingga mencetak gol untuk menyamai kedudukan diakhir timing normal. Dari gol kontroversial Geoff Hurst inilah yang akhirnya rasa sakit hati itu tetap menghantui Jerman.

Keuntungan Tuan Rumah

Pada ajang Piala Dunia tahun 2002 saat Italia/Spanyol saat melawan Korea Selatan memang menuai kontroversi. Hal inilah yang membuat para fans agar VAR dapat diterapkan dan bisa memperbaiki setiap keputusan yang diberikan oleh wasit. Dengan kehadiran VAR inilah akan membuat wasit sedikit mengurangi rasa tekanan yang diadakan selama pertandingan berlangsung. Dimana, hampir semua penonton akan mendukung setiap tim dari tuan rumah harus menang.

Dari situlah kita dapat berkaca dari kejadian piala dunia tahun 2002 lalu yang dirasa sangat membingungkan karena pada saat itu Korea Selatan bisa mencapai semifinal di Piala Dunia. Kala itu, Korea Selatan memang menjadi tuan rumah dan berhasil mengalahan Italia. Wasit saat pertandingan kala itu berlangsung adalah Byron Moreno dari Edukator yang memperoleh dua kali larangan karena sudah memimpin pertandingan dengan tidak jujur. Permasalahan inilah yang mungkin bisa diubah oleh VAR pada laga empat tahunan musim ini.

Kartu Merah Nigel De Jong

Sejumlah kejadian kontroversial pada Piala Dunia memang tidak akan ada habisnya, bahkan pada kala itu saat Belanda melawan Spanyol di tahun 2010 Nigel De Jong memperoleh kartu merah. Howard Webb yang kala itu memimpin pertandingan dan biasanya memimpin pertandingan tanpa adanya cela namun harus mengatakan bahwa keputusan untuk mengeluarkan Nigel de Jong dari lapangan karena tendangan karate ke Xabi Alonsi merupakan sebuah penyesalan terbesarnya.

hal kontroversial di piala dunia

Seandainya, saat itu web membuka mata hatinya dan melihat sudut pandang yang lebih jelas maka kejadian tersebut tentu akan membawa pertandingan jauh lebih menarik. Tentu saja, pertandingan tersebut akhirnya membawa Spanyol menang.

Kartu Merah Schumacher

Lagi lagi kejadian kontroversial saat Piala Dunia juga melanda Schumacher di tahun 1982 pada saat pertandingan Piala Dunia Prancis melawan Jerman Barat. Pada kala itu, Patric Battiston sudah jatuh saat bertabrakan dengan Schumacher namun wasit justru memberikan tendangan gawang. Bahkan kejadian ini termasuk salah satu pertandingan yang mengerikan apabila di replay kembali. Hal inilah yang membuat VAR di terapkan di ajang Piala Dunia 2018 ini agar keadilan bisa ditegakkan.