Mengintip Keunikan Stadion Piala Dunia 2022 Milik Qatar

Posted on

Ajang Piala Dunia terdekat akan berlangsung di Rusia dalam waktu dekat. Walaupun ajang itu belum juga dimulai, sudah banyak orang yang mulai mengintip gelaran piala dunia yang akan berlangsung selanjutnya, yaitu pada tahun 2022 mendatang. Untuk Piala Dunia 2022, Qatar mendapat kehormatan dari FIFA untuk menyelenggarakan ajang empat tahunan tersebut di negaraya.

Dengan kepercayaan yang diletakkan kepada mereka, tentunya pemerintah Qatar tidak akan main-main dalam persiapannya. Perbaikan sarana dan prasarana pun sudah dimulai sejak jauh-jauh hari demi bisa menyambut tim nasional negara-negara di seluruh dunia dalam piala dunia 2018 yang akan berkunjung ke wilayah mereka. Salah satu yang mereka persiapkan tentunya adalah stadion.

Persiapan yang dilakukan mencakup renovasi stadion-stadion yang ada serta membangun stadion baru agar standar FIFA yang ditetapkan bisa terpenuhi. Kesemua stadion tersebut pun memiliki keunikan mereka sendiri. Yang pasti, desain satu dan lainnya tidaklah sama. Semua persiapan tersebut diharapkan bisa rampung sebelum tahun 2022.

Stadion Piala Dunia 2022

Deretan Stadion Megah Yang Disiapkan Qatar Untuk Piala Dunia 2022

Stadion Khalifa Internasional

Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 40.000 buah. Namun, walaupun stadion tersebut sudah berdiri sejak tahun 1976, luas stadion belum memenuhi standar. Oleh karena itu perluasan pun dilakukan dan sudah memasuki babak penyelesaian. Selain itu, ada fitur utama tambahan yang ditawarkan oleh stadion tersebut yaitu sistem pendingin udara. Hal ini tentunya melegakan dan banyak momen tak terlupakan, mengingat Qatar memiliki suhu udara yang cukup panas, mencapai 50 derajat celcius.

Sport City Stadion

Stadion yang bisa menampung penonton hingga 46.860 orang ini merupakan stadion yang baru saja dibangun demi Piala Dunia 2022.

Doha Port Stadion

Stadion Doha Port ini merupakan salah satu stadion yang memiliki pemandangan menyegarkan mata. Pasalnya stadion ini dibangun di dekat pantai. Untuk kapasitasnya, stadion ini dapat menampung pengunjung sebanyak 40.000 orang.

Al-Khor Stadion

Selain Doha Port, Stadion Al-Khor juga memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Di sana, penonton tidak hanya bisa menikmati permainan sepak bola yang apik, tetapi juga disuguhkan pemandangan Teluk Arab yang bisa disaksikan dari kursi mereka.

Stadion yang memiliki motif kerang ini memiliki kapasitas 45.330 tempat duduk dengan atap yang dibuat fleksibel. Kursi permanen sebanyak 25.500 buah ditempatkan pada tingkat yang lebih rendah, sedangkan kursi modular sebanyak 19.830 buah ditempatkan pada tingkat yang lebih tinggi.

Qatar University Stadion

Stadion milik Universitas Qatar ini rencananya juga akan mengalami perombakan besar. Pasalnya stadion yang juga akan menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Dunia berlangsung ini hanya memiliki kapasitas sebanyak 7.000 penonton.

Al Shamal Stadion

Stadion ini memiliki bentuk seperti salah satu bagian dari perahu nelayan yang kerap dipakai di teluk. Untuk model kursi, pada tingkatan yang lebih rendah akan dipasang 25.500 kursi permanen dan 19.620 kursi modular untuk tingkatan yang lebih tinggi. Jumlah penonton keseluruhan yang bisa ditampung oleh stadion ini adalah sebanyak 45.120 orang.

Al Wakrah Stadion

Jika mencari stadion di Qatar yang mengusung tema futuristik, maka tidak salah jika referensinya merujuk pada stadion Al Wakrah. Stadion yang memiliki desain elegan sekaligus unik ini mampu menampung hingga 40.000 penonton. Namun jumlah tersebut akan berkurang setelah Piala Dunia 2022 berlangsung yaitu menjadi hanya 20.000 saja.

Stadion Piala Dunia 2022 Qatar

Um Salal Stadion

Stadion ini memang belum  berwujud, sebab memang masih dalam tahap perencanaan. Menurut kabar, stadion Um Salal ini akan mengadaptasi desain dari benteng kuno Arab. Selain itu, kapasitas penonton yang bisa ditampung di stadion baru ini bisa mencapai 45.120 orang.

Thani bin Jassim Stadion

Stadion yang juga akrab disebut dengan nama Al-Gharrafa Stadion ini sudah tegap berdiri sejak tahun 2003. Nantinya, stadion ini juga tidak akan luput dari perombakan besar-besaran.

Lusail Iconic Stadion

Stadion yang khusus dibangun untuk Piala Dunia 2022 ini kabarnya akan menjadi tempat pembukaan serta laga final dalam Piala Dunia 2022. Stadion ini berkapasitas 86.250 penonton dan terletak di Lusail City.

Selain stadion-stadion di atas, masih ada juga El-Gharafa Stadion, Ahmed Bin Ali Stadion dan Education City Stadion yang nantinya juga akan diikutsertakan sebagai salah satu tempat berlangsungnya pertandingan piala dunia.