Inilah Tokoh Dibalik Poster Resmi Piala Dunia 2018

Posted on

Salah satu hal yang menarik dari pertandingan piala dunia, selain dari permainan apik tiap negara demi meraih gelar juara, adalah pernak-pernik yang menyertai gelaran berkelas internasional tersebut. Salah satunya adalah masalah poster resmi. Tiap kali piala dunia akan diadakan, pasti negara tuan rumah akan merilis poster yang khusus mereka rancang untuk acara tersebut.

Begitu pula dengan Rusia, bersama dengan seniman kawakan mereka, Igor Gurovich, pemerintah Rusia merilis poster resmi piala dunia 2018. Uniknya, tema poster ini terkesan retro dengan pemilihan ikon yang menjadi legenda dari persebakbolaan Rusia.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, Poster Resmi Piala Dunia FIFA 2018 merupakan cerminan nyata dari warisan seni dan sepak bola Rusia. Mereka pun juga sangat bangga dengan aset landmark yang indah tersebut yang menggambarkan ikon penting dan merayakan turnamen yang akan datang di tanah Rusia.

poster piala dunia 2018

Nilai Filosofis Di Balik Poster Resmi Piala Dunia 2018

Bukan Hanya Sarana Promosi

Lain lagi dengan pendapat Vitaly Mutko selaku Pimpinan Russia 2018 Local Organising Committee. Beliau mengatakan bahwa sangat penting untuk menggambarkan Rusia sebagai Negara Tuan Rumah di Poster Resmi tersebut. Dengan alasan itulah maka Lev Yashin, simbol sepakbola Rusia, terpilih sebagai tokoh utama.

Mutko pun yakin bahwa poster itu akan menjadi salah satu simbol yang paling mengesankan dari Piala Dunia FIFA 2018 Rusia. Para penggemar sepakbola di Rusia pun mengamini semua pernyataan Mutko.

Tentang Lev Yashin

Yashin bermain di empat Piala Dunia FIFA yaitu tahun 1958, 1962, 1966 dan 1970. Dia juga menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam sejarah sepakbola yang memenangkan Ballon d’Or. Di poster itu, dia mengenakan pakaian tradisional kemeja hitam dan celana pendek, penyangga lutut dan topi yang menjadi ciri khasnya.

Dia digambarkan sedang berusaha meraih bola, setengahnya adalah sepakbola khas dari era Yashin, dengan yang lain menggambarkan daratan Rusia yang luas dilihat dari luar angkasa, yang mencerminkan inspirasi kunci dari Piala Dunia FIFA 2018, yang merupakan prestasi Rusia dalam eksplorasi ruang angkasa.

Menurtt Vladimiri Ponomaryov, rekan satu tim dari Yashin pada Piala FIFA 1966, Yashin merupakan seorang penjaga gawang yang berhasil menerobos pakem penjaga gawang. Berkat Yashin, peran seorang penjaga gawang meningkat secara signifikan dalam tim. Lev Yashin adalah kepribadian besar di lapangan.

Ciri khas dan perubahan serta gaya bermain Yashin inilah yang diharapkan bisa terpancar dari poster yang juga merupakan doa agar pertandingan pertandingan berjalan menarik dengan banyak gol indah tercipta di Piala Dunia Rusia 2018.

Igor Gurovich

Perancang poster piala dunia 2018 adalah seorang seniman Rusia bernama Igor Gurovich yang lahir pada 1967 di Riga, Latvia. Ia adalah seorang desainer grafis yang juga seorang anggota dari Akademi Desain Grafis Rusia. Gurovich juga mengajar di Sekolah Tinggi Penelitian Universitas Nasional Ekonomi dan bersama-sama mendirikan lab desain Ostengruppe.

Dia telah bekerja di berbagai proyek sepanjang kariernya, termasuk seragam untuk tim Rusia di Olimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City, branding turnamen tenis Kremlin Cup (1997-1999) dan rebranding Festival Film Internasional Moskow.

tokoh di poster piala dunia 2018

Ia menerima hadiah utama dari Festival Periklanan Internasional Moskow pada tahun 1994 dan Kontes Desain Seluruh Rusia pada tahun 2000. Dia juga memenangkan penghargaan tertinggi di Biennale Global Desain Grafis Golden Bee pada tahun 2012 dan hadiah dari AGI di Chaumont Biennale of Graphic Design pada tahun 2013. Dia juga telah mengadakan banyak pameran karyanya sendiri yang lebih terfokus pada desain poster, scenography, dan desain buku.

Secara artistik, Gurovich terinspirasi oleh gerakan Konstruktivisme Rusia dari akhir tahun 1920-an, khususnya poster yang dirancang oleh Dziga Vertov dan Stenberg bersaudara. Sinar cahaya yang memancar dari bola, fitur umum karya Constructivist, melambangkan energi turnamen, sementara lingkaran hijau mewakili lapangan dari 12 stadion di 11 Kota Tuan Rumah yang akan menampilkan 64 pertandingan Piala Dunia FIFA 2018. Puncak dari festival sepak bola ini akan menjadi Final pada 15 Juli 2018 di Stadion Luzhniki, di mana kapten tim pemenang akan mengangkat Piala Dunia FIFA di depan dunia menonton.