Inilah 4 Produk Asal Indonesia yang Ditemui di Piala Dunia

Posted on

Piala Dunia akan segera dimulai kurang dari 100 hari lagi. Hal ini menambah antusiasme para penggemar olahraga. Pada bulan Juni 2018 mendatang, gelaran turnamen akbar sepak bola Piala Dunia Rusia akan segera dimulai. Piala Dunia menjadi ajang kompetisi olahraga sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia. Sayangnya Piala Dunia yang diselenggarakan di Rusia tahun ini, masih belum terdapat nama Indonesia dalam daftar nama negara yang ikut berkompetisi.

Walaupun belum bisa berpartisipasi sebagai peserta Piala Dunia 2018, publik Tanah Air mesti bangga pada Indonesia. Pasalnya, produk-produk dari Indonesia laris diminati oleh sejumlah negara yang mengikuti gelaran Piala Dunia. Bahkan official Piala Dunia 2018 secara langsung meminta Indonesia untuk membuat produknya. Penasaran dengan produk-produk asal Indonesia apa saja yang ditemui pada Piala Dunia 2018? Simak ulasan berikut ini.

produk asal indonesia di piala dunia

4 Produk Asli Indonesia ini Ikut Meramaikan Piala Dunia 2018

Bola

Indonesia dipercaya untuk membuat bola yang akan digunakan pada perhelatan sepak bola terbesar, yaitu Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal ini tentu prestasi membanggakan Negara Indonesia turut ikut andil dalam menyukseskan perhelatan Piala Dunia 2018, meski hanya sebatas menyediakan produk bola untuk pergelaran tersebut.

Nama-nama bola resmi Piala Dunia buatan Indonesia adalah Tricolore untuk Piala Dunia 1998 Prancis, Fevernova di Piala Dunia Jepang-Korea Selatan 2002, Teamgeist di Piala Dunia Jerman 2006, Jabulani di Piala Dunia Afrika Selatan 2010, dan Brazuca di Piala Dunia Brasil 2014. Semuanya adalah bola resmi Piala Dunia berlabel apparel ternama Jerman, dan dibuat di Majalengka, Jawa Barat.

Pabrik pembuatan bola asal Indonesia ini sendiri berada di daerah Majalengka, Jawa Barat. Produk Bola tersebut juga telah memenuhi standarisasi yang ditentukan oleh FIFA. Sebagai diketahui, FIFA menetapkan tujuh tes untuk mengetahui kelayakan bola resmi.

Pertama adalah circumference, yaitu menguji kesempurnaan lingkaran bola. Kedua adalah sphericity, untuk menguji stabilitas bola di udara. Ketiga adalah rebound, menguji pantulan bola. Keempat adalah water absorption, menguji tingkat ketahanan bola terhadap air.  Kelima adalah weight, menguji berat bola. Keenam adalah loss of pressure, menguji apakah bola kehilangan udara selama permainan atau tidak. Ketujuh adalah shape and size retention, menguji apakah berat dan ukuran bola berubah atau tidak selama permainan.

Bola buatan Indonesia tersebut nantinya tidak hanya digunakan pada saat pertandingan saja. Tapi, juga akan dipakai saat tim akan melakukan latihan.

Sepatu

Sepatu merupakan barang yang wajib digunakan oleh para pemain dalam bertanding. Official resmi dari Piala Dunia 2018 secara langsung memercayakan urusan ini pada perusahaan asal Tangerang untuk membuat sepatu dengan standar kualitas yang telah ditentukan.

Perusahaan asal Tangerang itu terbilang cukup ternama. Adalah Mizuno, merek merek sepatu buatan mereka yang telah dipakai oleh beberapa pemain Jepang dan pemain top dunia.

Traveloka

Meski baru pertama kali terjun ke Piala Dunia, Traveloka berani menjadi satu-satunya sponsor dari Indonesia pada Piala Dunia 2018 di Russia. Hal ini tentunya sangat membanggakan bagi publik Tanah Air, dengan Traveloka sebagai wakil dari Indonesia dalam penyediaan layanan.

Salah satu alasan Traveloka mau mensponsori produknya di Piala Dunia ialah karena animo masyarakat dalam berinteraksi pada saat Piala Dunia tahun ini.

Jersey Timnas

Dibalik pembuatan Jersey untuk masing-masing tim nasional yang berlaga pada Piala Dunia 2018, terdapat campur tangan dari orang Indonesia. Hampir semua proses produksi baju dari brand besar dunia seperti Nike, dikerjakan di Indonesia.

jersey asal indonesia di piala dunia

Tidak hanya Piala Dunia tahun ini saja. Pada perhelatan Piala Dunia 2014 lalu, permintaan terhadap produk tekstil dari Indonesia (terutama jersey peserta Piala Dunia) semakin meningkat. Indonesia sudah ikut berpartisipasi dalam memproduksi jersey untuk pemain timnas yang berlaga.

Maklum, Indonesia merupakan salah satu pusat produksi yang penting untuk merek Nike dan Adidas. Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat, seperti di lansir dari Indonesia Investments mengatakan, dampak nilai ekspor produk jersey dari Indonesia meningkat setelah adanya Piala Dunia 2014 lalu di Brasil.  Indonesia memang terus mengekspor jersey, jaket, atau pakaian olahraga lainnya. Produk tersebut banyak dijual di toko-toko olahraga di luar negeri.

Cukup membanggakan, bukan?