Gaji Wasit Di Ajang Piala Dunia 2018

Posted on

Dalam ajang Piala Dunia 2018 ada banyak tekanan yang diterima oleh wasit dan tekanan tersebut akan semakin besar. Oleh karena itu, para wasit juga harus dibayar dengan harga yang sepadan oleh pihak FIFA Gaji Wasit Di Ajang Piala Dunia 2018.

FIFA sendiri telah mengumumkan daftar wasit yang akan bertugas dalam ajang Piala Dunia 2018. Terdapat 36 pengadil dari seluruh dunia dan 63 orang asisten wasit. Jumlah bayaran yang akan diterima oleh para wasit juga berbeda-beda dan tergantung kategori tertentu yang sudah ditetapkan.

gaji wasit piala dunia 2018

Gaji Wasit Di Ajang Piala Dunia 2018

Gaji Wasit Selama Bertugas Di Piala Dunia

Ajang Piala Dunia yang akan diselenggarakan di Rusia saat ini sudah semakin dekat. Semua perangkat pertandingan, termasuk wasit juga memiliki tugas yang cukup berat. Akan ada miliaran pasang mata dari seluruh dunia dan tertuju pada kinerja para wasit atau pengadil yang ada di lapangan.

Karakter, tekanan sampai situasi atau kondisi di lapangan level Piala Dunia tentunya akan sangat mempengaruhi psikologis dari wasit saat mereka memimpin pertandingan. Oleh karena itu, para wasit beserta asistennya harus mendapatkan gaji atau bayaran yang sesuai.

Sempat disebutkan, gaji wasit top seperti Cuneyt Cakir asal Turki, Nestor Pitana asal Argentina dan Felix Brych asal Jerman menerima bayaran sampai Rp. 963 juta atau 57.000 euro.

Angka bayaran tersebut masih belum termasuk bayaran yang akan diterima setiap mereka memimpin pertandingan dan masing-masing akan menerima Rp. 42.000.000 setiap pertandingan.

Sedangkan untuk asisten wasit akan menerima bayaran Rp. 338 juta atau 20.000 euro dengan tambahan Rp 27 juta setiap pertandingan. Angka-angka tersebut tentunya sangat fantastis untuk Indonesia, kinerja wasit di Indonesia juga berbeda selama mereka memimpin pertandingan. Di Indonesia sendiri gaji wasit mencapai Rp. 5.000.000 setiap pertandingan atau lebih dari 8 kali lipat bayaran wasit Piala Dunia 2018.

Ketiadaan Wakil Wasit Di Ajang Piala Dunia

FIFA telah merilis 26 daftar nama wasit dan 26 wasit tersebut akan bertugas selama ajang Piala Dunia 2018. Hanya saja ada beberapa wakil wasit yang tidak hadir, seperti Wales, Inggris, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Hal tersebut juga menjadi pengulangan sejarah, dahulu pernah terjadi dalam ajang Piala Dunia tahun 1938. Dengan begitu tidak ada korps pengadil yang ada di lapangan dari Britania Raya.

Inggris sendiri memiliki 1 wasit dan sudah masuk nomine, bernama Mark Clattenburg tapi Clattenburg telah mengundurkan diri dari tugas saat ajang Premier League sehingga dia kehilangan kans untuk masuk ajang di Rusia.

Clattenburg yang pernah menjadi wasit final Euro 2016 juga lebih memilih pensiun pada bulan Februari tahun 2017 lalu dan akhirnya dia menjadi kepala wasit di Arab Saudi. Sedangkan FA PSSI Inggris berinisiatif untuk mengajukan beberapa nama tapi ditolak oleh pihak FIFA.

Hasilnya, tidak ada wasit asal Inggris yang masuk dan dalam daftar nama 63 asisten wasit juga tidak ada nama wakil dari Inggris. Saat ini sejarah Inggris dalam pentas perwasitan menjadi tercoreng, padahal tim Inggris sempat berjaya saat Howard Webb berhasil menjadi pengadil dalam Piala Dunia tahun 2010 dan tahun 2014.

26 Daftar Nama Wasit Piala Dunia 2018

Sedangkan dalam penentuan daftar nama dari 26 wasit, Gaji Wasit Di Ajang Piala Dunia 2018 FIFA akan menyerahkan hal tersebut sepenuhnya pada pilihan pihak Asosiasi Sepak Bola Negara Anggota FIFA atau PGMOL.

Dari asia ada sederet nama mulai dari Fahad Al-Mirdasi, Alireza Faghani, Ravshan Irmatov, Mohammed Abdulla Hassan Mohamed, Ryuji Sato dan Nawaf Shukralla. Dari Eropa ada Felix Brych, Cüneyt Çakır, Sergei Karasev, Björn Kuipers, Szymon Marciniak, Antonio Mateu Lahoz, Milorad Mažić, Gianluca Rocchi, Damir Skomina dan Clément Turpin.

wasit piala dunia 2018

Dari Afrika ada Mehdi Abid Chare, Gehad Grisha, Janny Sikazwe, Malang Diedhiou, Bakary Gassama dan Bamlak Tessema Weyesa. Dari Amerika Selatan ada Julio Bascuñán, Enrique Cáceres, Andrés Cunha, Néstor Pitana, Sandro Ricci dan Wilmar Roldán.

Dari Amerika Serikat, Amerika Utara dan Karibia ada Joel Aguilar, Mark Geiger, Jair Marrufo, Ricardo Montero, John Pitti,  dan César Arturo Ramos. Selain itu dari Oceania ada Matthew Conger dan Norbert Hauata.