Filosofi Tentang Logo dan Simbol Piala Dunia

Posted on

Piala Dunia 2018 Akan segera dilaksanakan. FIFA kembali ingin membuat dunia di Rusia lebih meriah dari edisi sebelumnya. Untuk mengawali dan memperkenalkan logo resmi kepada publik. Peluncuran desain logo dilaksanakan di Internasional Space dan di Bloshio Theater, Moscow. Menarik sekali megenai filosofi dan simbol piala dunia, untuk itu simak penjelasannya.

Proses Seleksi Desain Logo Piala Dunia 2018

Dimulai dari pemilihan Brandia Central sebagai pembuat logo Piala Dunia 2018 tersebut, yang berasal dari portugal merupakan seorang perancang logo Euro 2012 Polandia – Ukraina dan Euro 2016 yang digelar di Prancis. Difa menyatakan bahwa pemilihan desain logo yang dibuat oleh Brandia Central telah melalui dengan tujuh konsultan branding yang lain.

Desain logo dipilih yang paling sesuai dengan unsur budaya, olahraga, dan pemerintah Russia. Tidak lupa juga melibatkan Fabio Capello yang sekarang melatih timnas Russia.

Filosofi Tentang Logo dan Simbol Piala Dunia

Filosofi yang terkandung dalam Logo Piala Dunia 2018

Menurut dokumen yang diserahkan, desain logo tersebut memiliki beberapa jendela terbuka. Hal tersebut juga menggambarkan bentuk ‘Bola ajaib’ yang digunakan dalam turnamen terbesar sepak bola dunia. Bentuknya juga menyerupai pesawat luar angkasa Rusia ‘sputnik’

Dalam logo tersebut juga terdapat simbol gerakan merangkak naik yang menggambarkan selebrasi Piala Dunia. Kebahagiaan dan keceriaan pemain terlihat dari simbol pengangkatan trofi. Lambang manusia ambisi pemain dan kegembiraan para supporter bercampur aduk menjadi satu untuk menggapai sebuah bintang dan memenangkan trofi.

Sedangkan warna Biru, Merah, Emas, dan Hitam diambil dari inspirasi yang digunakan untuk karya seni rusia pada zaman kuno. Logo mengombinasikan antara nuansa kegembiraan dengan kekuatan identitas sebagai tuan rumah penyelenggara dan presiden FIFA tutur selaku presiden mengenai jalannya acara nanti, dan harapannya akan sejalan dengan rancangan dan filosofi yang di peroleh

Peluncuran Logo Piala Dunia 2018 Rusia

Uniknya, peluncuran logo resmi ini dilakukan ditempat yang tidak biasa, yaitu stasiun luar angkasa milik negara penyelenggara. Peluncuran logo resmi ini dilakukan melalui acara talk show Urgant Night Show yang disiarkan secara langsung. Acara tersebut dipandu oleh Ivan Urgant ini menghadirkan Presiden FIIFA Seep Blatter, yang merupakan legenda sepak bola Italia Fibio Cannavaro, dan Menteri Olahraga Vitaly Mutko.

Peluncuran log resmi ini melibatkan tida rang kosmonot Rusia. Ketiganya itu pertama kalinya menampilkan logo piala dunia 2018 di stasiun luar angkasa Internasional. Tak lama setelah ditampilkan diluar angkasa, logo ini diproyeksikan di bumi, tepatnya di Bolshoi Theatre di Moskow.

Seperti halnya logo Piala Dunia, berbentuk piala dunia. Logo ini didominasi warna merah, emas, hitam, dan biru yang tegas. Terinspirasi dari tradisi artistik Rusia yang amat kata serta sejarah dan inovasi di negara tersebut.

Logo Piala Dunia 2018 didesain oleh Brandia Central, merupakan sebuah agensi konsultan brand yang berbasis di Lisbon, Portugal. Agen ini memenangi pitching yang melibatkan delapan agen Rusia dan Internasional. “peluncuran ikon visual ini merupakan sebuah tonggak penting dalam perjalanan menuju piala dunia 2018, dan kami sanggat bangga untuk membagikannya kepada dunia,: ujar Blatter di situs resmi FIFA.

Dengan memadukan atribut unik dari piala dunia dan rusia sebagai tuan rumah. Ini menyatukan magis dan mimpi seperti yang akan dilakukan gelaran Piala Dunia terhadap jutaan fans pada tahun 2018.

Rusia akan menggelar Piala Dunia di 12 stadion yang yang terletak di 11 kota yang terpilih menjadi penyelenggara. Seperti kota Moscow, St. Petersburg, Kaliningrad, Nizhny Novgorod, Kazan, Samaea, Volgograd, Rostov, Sochi, Saransk, dan Yekaterinburg.

arti logo dan simbol piala dunia

Saran dan Kritik dari Masyarakat Dunia

Walaupun logo piala dunia Rusia ini dibuat dengan proses yang sangat amat panjang oleh pakar branding ternama, tidak serta merta logo ini lepas dari kritik. Banyak orang yang mengatakan bahwa logo Piala ini mirip dengan kepala Alien. Jauh dari nuansa olahraga pada umumnya, padahal gelaran Pertandingan dunia harus mengedepankan sportivitas dan sesuai budaya, bukan kecanggihan teknologi.

Sebagian orang juga mengatakan bahwa logo ini lebih mirip dengan bentuk ikan jika posisi diputar 90 derajat. Mungkin memang ada sedikit kemiripan, tapi setidaknya, desain logo tersebut dirancang dengan proses yang jelas. Makna Logo ini juga telah dijabarkan secara detail dalam dokumen yang diserahkan oleh Brandia Central. Jadi tetap layak mendapat apresiasi.