Fakta Tentang Rusia, Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Posted on

Selain dikenal sebagai negara yang mempunyai daratan paling luas dan piala dunia, Rusia juga memiliki banyak sekali keragaman yang unik dan menarik untuk diketahui. Negara yang resmi ditunjuk untuk menggelar perhelatan akbar Piala Dunia 2018 ini memang negara yang memiliki ciri khas. Terlepas dari intrik politik dan semua hal yang disorot dari Rusia, negara ini menjadi negara yang tidak boleh dilewatkan dari daftar negara kunjungan liburan, terutama bagi Anda yang menyukai udara dingin.

Negara yang sebagian besar tertutup salju ini berlokasi di Eropa Timur dan Asia Utara. Luas dari negara ini sendiri bisa mencapai 17.075.400 km². Tak hanya itu, ada 11 zona waktu yang berbeda yang ada di wilayah Rusia. Selain itu, tipe iklim dan juga lingkungannya pun beragam, begitu pula dengan kebudayaannya.

fakta tentang rusia

17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Rusia

Rel Kereta Api Paling Panjang di Dunia

Sebagai negara terluas, maka tidak heran jika Rusia juga memiliki rute kereta api paling panjang di dunia. Jalur kereta api Trans Siberia adalah jalur terpanjang di dunia yang menjadi keistimewaan Rusia. Bayangkan saja, panjang dari rel kereta api ini adalah 92.000 kilometer. Rel kereta api ini membentang dari kota Moskow sampai menuju ke Kota Vladivostok.

Restoran Mcdonalds Paling Besar di Dunia

Rusia merupakan salah satu negara yang menyukai makanan cepat saji, terbukti dengan berdirinya salah satu gerai waralaba terkenla, McDonald’s. Uniknya, gerai ini merupakan yang terbesar di seluruh dunia sebab bisa menampung hingga 700 pengunjung. Bahkan pada tahun 2012, ketika Olimpiade digelar, restoran ini mampu menampung pengunjung hingga 1500 orang.

Tidak Suka Bunga

Bagi kebanyakan tradisi di dunia, bunga merupakan perlambang yang selalu hadir dalam setiap perayaan. Selain untuk kelahiran, pernikahan dan juga ulang tahun maupun momen membahagiakan lainnya, bunga juga selalu ada ketika ada kabar duka. Bunga adalah simbol dari perasaan yang tidak bisa diungkapkan sehingga keberadaannya seakan tidak pernah absen.

Namun hal ini tidak berlaku di Rusia. Di sana, bunga adalah perlambang nasib buruk. Orang Rusia menganggap bahwa bunga hanya identik dengan kabar duka seperti kematian dan pemakaman. Oleh sebab itu mereka tidak pernah memberikan bunga sebagai hadiah maupun menghadirkannya dalam perayaan-perayaan.

Rumah Para Miliader Dunia

Jika Anda ingin mencari keberadaan para miliader dunia, bisa jadi Anda akan bisa menemukan sebagian besarnya di negara Rusia. Di sana ada banyak sekali warganya yang memang kaya raya dan Rusia adalah negara dengan miliader terbanyak di dunia mungkin ini jadi syarat lolos piala dunia. Bahkan keberadaan para miliader di kota Moskow jauh melebihi New York yang katanya adalah kota paling sibuk di dunia.

fakta menarik tentang rusia

Penghasil Minyak Mentah Terbesar Kedua di Dunia

Ternyata anggapan bahwa minyak mentah hanya dikuasai oleh negara Timur Tengah tidaklah sepenuhnya benar. Buktinya Rusia mampu menjadi penghasil minyak mentah yang diakui dunia. Bahkan posisinya berada di urutan kedua. Rusia memang masih kalah dengan Arab Saudi yang berada di urutan pertama dengan penghasilan minyak sebanyak 10.900.000 barel setiap harinya, namun tetap saja fakta ini membuat Rusia tetap disegani sebagai negara penghasil minyak mentah.

Memiliki Transportasi yang Super Cepat

Seperti layaknya para warga di negara maju lainnya, masyarakat Rusia juga lebih menyukai bepergian menggunakan transpotasi umum, contohnya bus dan kereta api. Maka dari itu pemerintah Rusia pun membangun sistem transportasi yang memadai untuk warganya. Terbukti dengan jadwal pemberangkatan kereta api di Rusia yang memiliki jarak sangat pendek.

Di Rusia, Anda tidak akan kesulitan maupun menunggu lama ketika ketinggalan kereta, sebab setiap 90 detik akan ada kereta baru yang siap mengantarkan Anda. Ini adalah salah satu hal yang menyenangkan ketika Anda berkunjung ke Rusia.

Tidak Ada Wakil Presiden

Karena sempat ada peristiwa tidak mengenakkan dalam pemerintahan Rusia terdahulu, yaitu pengkhianatan wakil presiden yang ingin menggulingkan presiden pada waktu itu, hingga sekarang negara Rusia tidak pernah memiliki wakil presiden lagi. Hingga sekarang, posisi wakil presiden diisi oleh perdana menteri.