Daftar Nama 10 Wasit Di Piala Dunia 2018

Posted on

FIFA telah merilis daftar wasit yang akan bertugas di sepanjang pertandingan Piala Dunia 2018. Sayangnya Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia utara tidak mengirimkan wakil wasit mereka. Artinya di lapangan tidak ada korps pengadil, terutama di Britannia Raya.

Dengan catatan tersebut menjadi pengulangan sejarah dalam Piala Dunia. Sedangkan Inggris sendiri memiliki 1 wasit yang sudah masuk nomine bernama Mark Clanttenburg tapi sayangnya Clanttenburg mengundurkan diri saat ajang Premier League dan kehilangan kans ke Rusia di piala dunia 2018 ini.

PSSI Inggris juga sempat mengajukan nama, tapi ditolak oleh pihak FFA dan hasilnya tidak ada wasit asal dari Inggris di FIFA. Selain itu Britannia Raya juga tidak mengirimkan nama 63 asisten wasit.

Wasit Di Piala Dunia 2018

Daftar Nama 10 Wasit Di Piala Dunia 2018

Daftar Nama Wasit Piala Dunia 2018

Untuk wasit sendiri berasal dari beberapa negara, seperti Asia, Afrika, Amerika Utara, Karibia dan Amerika Serikat. Ada juga Amerika Selatan, Ocenania dan Eropa.

Pada Piala Dunia 2018, Inggris mengirimkan Marck Clattenburg sebagai wasit utama beserta ketiga asistennya. Mulai dari Simon Long, Michhael McDonough dan Michael Jones yang kemudian tidak diterima oleh pihak FIFA.

Pihak FFA sendiri menolak Clattenburg karena keputusan Clattenburg yang meninggalkan Premier League dan memutuskan menjadi kepala wasit profesional tahun lalu. Sedangkan ketiga nama lainnya sebagai asisten tidak disebutkan alasannya oleh FIFA.

Dari sekian banyak pilihan yang diberikan oleh FA, pihak FIFA selalu menolak pilihan tersebut. Mereka merasa 7 nama yang dipilih pengganti Clattenburg tidak memiliki kredibilitas dan kelayakan untuk memimpin ajang Piala Dunia 2018 yang termasuk turnamen papan atas.

Sedangkan 10 nama wasit tersebut dalam Piala Dunia dan hanya 3 nama dari 10 nama tersebut yang diterima atau dipilih oleh pihak FIFA. Wasit tersebut bernama Bjorn Kuipers, Gianluca Rocchi dan Cuneyt Cakir yang masuk dalam kategori wasit papan atas.

Penentuan 26 Daftar Nama Wasit

Saat ini sejarah Inggris dalam pentas perwasitan Piala Dunia sudah tercoreng, padahal mereka sempat berjaya. Apalagi saat Howard Webb berhasil menjadi pengail dalam 2 ajang Piala Dunia, pada tahun 2010 dan tahun 2014.

Webb sendiri mencatat sejarah pribadi setelah menjadi wasit dalam ajang final Piala Dunia 2010. Saat Spanyol mengalahkan Belanda, ada penentuan 26 nama wasit yang akan bertugas pada Piala Dunia 2018 tahun ni.

FIFA juga sudah menyerahkan pilihan, sepenuhnya kepada Asosiasi Sepak Bola Negara Anggota FIFA dan Asosiasi Wasit. Untuk daftar nama 26 wasit tersebut mulai dari negara Asia seperti Alireza Faghani, Fahad Al-Mirdasi, Ravshan Irmatov, Mohammaed Abdulla Hassan Mohamed, Ryuji Sato dan Nawaf Shukralla.

Perwakilan negara Afrika ada Bakary Gassama, Malah Diedhiou, Mehdi Abid Charef, Gehad Grisha, Bamlak Tessema Weyesa dan Janny Sikazwe. Perwakilan Amerika Serikat, Amerika Utara & Karibia mulai dari Mark Geiger, Joel Aguilar, Jair Marrufo, Ricardo Montero, Cesar Arturo Ramos dan John Pitti.

Sedangkan Perwakilan dari Amerika Selatan mulai dari Enrique Caceres, Julio Bascunan, Nestor Ricci, Anres Cunha, Sandro Ricci dan Wilmar Roldan. Perwakilan Oceania terdiri dari Mattew Conger asal Selandia Baru dan Norbert Hauata asal Tahiti.

Selain itu untuk perwakilan negara Eropa ada Felix Brych, Cüneyt Çakır, Sergei Karasev, Björn Kuipers, Szymon Marciniak, Antonio Mateu Lahoz, Milorad Maži, Gianluca Rocchi, Damir Skomina dan Clément Turpin.

Wasit Piala Dunia Akan Gunakan Headset VAR

Pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia, para wasit akan menggunakan headset VAR atau Video Assistant Referee. Headset tersebut dilengkapi kacamata 3D dan dikembangkan oleh Sony dengan harga Rp. 96 juta/set.

Wasit Di Piala Dunia

Kacamata VAR ini akan memproyeksikan gambar pada layar televisi yang ada di pinggir lapangan. Jadi wasit bisa melihat peristiwa melalui kacamata dan diharapkan bisa mengambil keputusan lebih cepat saat berhadapan dengan situasi kontroversial.

Menggunakan headset ini maka akan mengubah banyak hal, karena sistem pengambilan keputusan sendiri sudah terlalu menyita banyak waktu. Suporter menjadi mengeluh karena mengganggu proses pertandingan. Oleh karena itu dengan adanya headset VAR ini sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih tepat waktu.