Cerita Unik yang Pernah Terjadi Saat Piala Dunia Berlangsung

Posted on

Saat anda menonton sepakbola apakah pernah menemui kejadian atau hal yang aneh? Banyak cerita unik yang terjadi saat ajang Piala Dunia terselenggara. Mulai dari hal yang aneh hingga membuat tertawa. Kebanyakan kejadian terjadi tanpa direncanakan. Karena itu banyak cerita unik yang terjadi setiap pergelaran Piala Dunia. Dibawah ini beberapa cerita unik  dalam ajang kejuaraan  Piala Dunia yang pernah berlangsung.

Cerita Unik yang Pernah Terjadi Saat Piala Dunia

Beberapa Kejadian saat Ajang Piala Dunia

Kado Trofi Piala Dunia

Juergen Grabowski seorang mantan penyerang Jerman Barat menjadi juara pada ajang  Piala Dunia di hari ulang tahunnya. Terjadi pada 7 Juli 1974, saat itu tuan rumah Jerman Barat mengalahkan Belanda dengan sekor 2-1 pada babak final Piala Dunia pada tahun 1974. Kejuaraan itu berlangsung di Olympiastadion. Walaupun tidak mencetak gol pada saat babak final. Grabowski  mendapat kado Piala Dunia saat tahunnya ke-30. Lantas apakah pada piala dunia 2018 ia akan menjulang kesuksesan?

Nomor Punggung

Pemain sepakbola  biasanya memiliki nomor punggung  yang biasa dikenakan. Akan tetapi, tidak  legenda tim nasional  Belgia yang bernama Franky van der Elst. Ia adalah mantan pemain Club Brugge yang tercatat menggunakan empat nomor punggung berbeda pada empat ajang  Piala Dunia.

Pada saat Piala Dunia tahun 1986, ia mengenakan nomor punggung 3.  Pada Piala Dunia 1990, ia sebagai gelandang yang memiliki  86 caps bersama tim nasional Belgia. Ia mengenakan nomor punggung 6.  Dan pada Piala Dunia tahun  1994, ia menggunakan pakaian dengan nomor punggung 7. Yang terakhir, menggunakan nomor punggung 8 pada saat  Piala Dunia tahun 1998.

Gol Nomor 1

Mantan gelandang timnas Argentina  merupakan salah satu pemain yang mampu mencetak gol pada ajang Piala Dunia mengenakan jersey  nomor punggung 1 yaitu Ardiles. Dia bukanlah seorang kiper, kejadian itu terjadi saat Argentina mengalahkan Hungaria dengan sekor 4-1 pada saat babak grup di Piala Dunia pada tahun 1982.

Ardiles mencetak gol keempat untuk Argentina pada menit ke-60. Pada saat itu  tata tertib Federasi Sepakbola Argentina (AFA) menentukan atau membuat nomor punggung pemain berdasarkan urutan  abjad, kecuali Diego Maradona dengan nomor punggung  tetap 10.

 Rambut Palsu

Pernahkah anda membayangkan pemain sepak bola dengan rambut palsu? Tetapi jangan salah, Kiper legendaris Bulgaria yaitu Borislav Mikhailov merupakan satu-satunya pemain yang pernah bermain di Piala Dunia 1994 menggunakan rambut palsu atau wig.

Yang membuatnya menakjubkan adalah posisinya menjadi kiper. Maka ia sering melakukan melompat untuk mengkap bola,  tetapi anehnya rambut palsu yang ia kenakan tidak pernah lepas. Pada saat itu, Bulgaria berhasil meraih posisi 4 pada ajang Piala Dunia  tahun 1994. Mikhailov terpilih menjadi kiper terbaik.

Brazil melawan Polandia

Pada Piala Dunia 1938 insiden unik terjadi, saat pertandingan antara Brazil melawan Polandia. Pada saat itu Leonidas da Silva keluar lapangan karena cedera. Namun, kemudian ia  masuk ke lapangan tanpa menggenakan sepatunya.

Wasit menyadari kejadian itu lantas  memintanya mengenakan kembali sepatunya. Walaupun begitu Leonidas sudah mencetak gol untuk timnya. Akhirnya Brasil memenang dengan skor 6-5. Kejadiana ini membuatnya dikenang dalam sejarah Piala Dunia.

Piala Dunia 1934

Pada saat Italia  melawan Amerika Serikat pada saat Piala Dunia 1934 ternyata ada unsur politis bertujuan untuk menyebarkan paham fasisme. Tim Italia saat itu terdiri beranggotakan satu orang Brasil, satu dari Uruguay, dan empat orang lainnya bersal dari Argentina.

Cerita Unik Saat Piala Dunia

Atas perintah Musolini menyuruh agar  melakukan tugas negara dan mengancam jika tidak menjuarai maka akan membunuh semua pemain. Tetapi akhirnya tinas Italia memenangkannya.

Brazil melawan Swedia, Piala Dunia 1958

Pada saat Brazil melawan Swedia  dan kejuaraan sedang berlangsung Pele memulai debutnya pertamanya. Pele merupakan anak muda yang masuk skuat Brazil pada usia 17 tahun. Akan tetapi Pele hanya sebagai  pemain cadangan untuk dua pertandingan awal.

Karena permainannya yang ia tunjukan  terbilang bagus maka rekan meminta kepada pelatih mereka agar  menurunkannya bermain dari awal melawan USSR dan ia memberikan hasil yang bagus dengan diturunkan.

Sekian beberapa kejadian yang pernah terjadi saat ajang Piala Dunia berlangsung.