Alasan Unik kenapa Negara-negara Ini Tidak Bisa Berpartisipasi dalam Ajang Piala Dunia

Posted on

Bisa tampil dalam ajang Piala Dunia merupakan impian sebagian besar negara, tak heran jika akhirnya ada beberapa negara yang rela untuk pindah jalur demi mengikuti ajang olahraga sepakbola bergengsi tersebut. Meski demikian, faktanya ada beberapa negara yang harus merasakan kekecewaan lantaran tidak mempunyai kesempatan untuk tampil di ajang sepakbola dunia yang diselenggarakan selama empat tahunan tersebut.

Setidaknya terdapat enam negara yang sempat dilarang untuk mengikuti Piala Dunia, bahkan alasan dibalik larangan tersebut terbilang cukup unik dan bukan suatu hal yang biasa. Negara mana sajakah yang pernah dilarang dalam mengikuti Piala Dunia 2018? Informasi lengkapnya akan kami ulas lengkap dibawah ini.

negara yang gagal lolos ke piala dunia

Sederet Negara yang Pernah Dilarang Mengikuti Ajang Piala Dunia

Indonesia

Tim sepakbola Indonesia merupakan sederet  yang pernah mengalami masalah yang kurang mengenakkan hati pada tahun 2015. Pada saat itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan pembekuan terhadap Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Hal inilah yang akhirnya PSSI mendapatkan sanksi dari FIFA lantaran pemerintah telah dianggap turun tangan dalam permasalahan sepakbola dalam sebuah negara. Tentu, peristiwa ini melanggar pasal 17 dan 13 status FIFA. Dampak dari permasalahan ini, Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) membatalkan keterlibatan Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia di tahun 2018.

Zimbabwe

Dapat bergabung dalam ajang sepakbola bergengsi kelas dunia ini memang menjadi impian setiap negara. Sayangnya, yang dipilih pada ajang Piala Dunia hanya 32 negara saja yang akan berpartisipasi. Zimbabwe merupakan salah satu negara yang tidak diperbolehkan untuk bergabung atau berpartisipasi dalam babak kualifikasi Piala Dunia. Pasalnya larangan ini terjadi lantaran FIFA memberikan sanki kepada Federasi Sepakbola Zimbabwe (ZIFA) lantaran gaji pelatih timnasnya Jose Claudiney Georgini terjadi penunggakan.

India

Pada putaran final Piala Dunia, India memang beum pernah lolos akan tetapi pada tahun 1950 negara India nyaris berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia. Pasalnya saat itu terdapat tiga wakil asia yang memilih untuk mengundurkan diri yaitu Myanmar, Filipina dan Indonesia. Banyak yang mengungkapkan bahwa negara India enggan untuk berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia lantaran harus bermain menggunakan sepatu.

Faktanya saat itu India gagal melaju di putaran final lantaran Federasi Sepak Bola India (AIFF) menganggap bahwa Olimpiade jauh lebih penting dibandingkan dengan Piala Dunia. Tidak hanya itu, Federasi Sepak Bola India juga mengungkapkan bahwa timnas India tidak dapat berangkat lantaran biaya transportasi yang cukup mahal.

Mesir

Pada tahun 1938 Mesir pernah gagal dalam berpartisipasi di ajang empat tahunan tersebut. Mereka menolak saat ingin menjalankan laga kualifikasi saat ingin melawan Rumania. Alasan penolakan tersebut terjadi lantaran adanya masalah finansial. Meski demikian, Mesin baru saja menunjukkan taringnya dan memastikan satu tempat di ajang Piala Dunia 2018. Kepastian tersebut diperoleh saat Mesir mampu mengalahkan Kongo dan berhasil mengantongi gol 4-2. Pada leg kedua, Mohammed Saleh bintang dari Liverpool berhasil meraih dua golnya sekaligus.

Spanyol

Piala Dunia tahun 1938 berlangsung di negara Perancis dari tangga 4 Juni hingga 19 Juni. Pada edisi Piala Dunia kali ini, Italia berhasil meraih posisi sebagai juara setelah mengalahlah Hongaria dengan skor perolehan 4-2 di partai final. Namun, pada kesempatan kali ini, terdapat hal yang mencengangkan yaitu Spanyol yang tidak turut ambil bagian atau partisipasi. Hal ini dikarenakan FIFA telah melarang mereka untuk turut serta dalam ajang bergengsi tersebut lantaran Spanyol masih dalam keadaan perang sipil.

gagal lolos piala dunia 2018

Jerman

Sudah tidak asing lagi, jika dalam dunia sepakbola tim Jerman memang selalu dianggap sebagai tim yang kuat dan kerap diunggulkan dalam gelaran Piala Dunia. Namun faktanya, Jerman juga pernah mangkir dalam turnamen Piala Dunia pada tahun 1950. Ketidakhadirannya disebabkan lantaran Jerman baru saja terlibat dalam Perang Dunia II serta Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) belum berjalan secara normal.

Tidak hanya itu, pada saat yang bersamaan wilayah Jerman bagian Timur juga masih diduduki oleh Uni Soviet. Setelah mangkir pada ajang Piala Dunia tahun 1950, Jerman merupakan negara yang paling banyak ikut berpartisipasi pada turnamen empat tahunan tersebut. Bahkan, pada turnamen Piala Dunia 2018 ini Jerman sudah berpartisipasi untuk yang ke 19 kalinya.