5 Timnas Juara Pernah Absen Dalam Piala Dunia

Posted on

Rusia sudah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, dimana sudah ada banyak daftar negara yang berhasil lolos untuk bermain kembali pada 14 Juni mendatang. Namun sayang ada banyak hasil di babak kualifikasi yang mengejutkan, pasalnya beberapa negara besar sudah dipastikan akan absen dalam gelaran empat tahunan tersebut. Ada 5 Timnas Juara Pernah Absen Dalam Piala Dunia.

Italia jadi salah satu negara yang gagal melangkah dalam gelaran Piala Dunia 2018 bergengsi dunia tersebut, banyak komentar yang mengatakan kegagalan ini salah sebabnya karena pelatih timnas tidak bisa semaksimal performa timnya. Ini kali kedua Italia gagal masuk dalam Piala Dunia, setelah 1958. Sedangkan pada 1930 tidak ikut ambil bagian pada penyelenggaraan pertama.

Sebuah mimpi buruk tidak bisa tampil dalam panggung mewah yang menjadi mimpi banyak pemain sepakbola, apalagi untuk langganan pemenang seperti Italia. Bagaimana tidak? Berhasil menang empat kali dan finish di babak final dan semifinal empat kali bukan sebuah prestasi mudah, bahkan sudah ikut dalam Piala Dunia 10 kali.

Ternyata bukan hanya Italia saja yang gagal masuk dalam Piala Dunia, masih ada 5 negara juara lainnya yang pernah absen (tidak lolos dalam babak klasifikasi) piala dunia. Siapa saja? Pastikan untuk tidak terkejut saat membacanya, karena banyak pencinta bola yang tidak menyangka akan hal tersebut.

Ternyata ada 5 Timnas Juara yang Pernah Absen Piala Dunia

Jerman

Pemenang Piala Dunia 2014 lalu ini ternyata pernah absen dalam Piala Dunia, namun bukan karena tidak berhasil lolos dalam babak klasifikasi. Hal ini karena terjadi Perang Dunia II, hal ini membuat Jerman terbagi menjadi dua negara.

tim jerman

Dimana ada aturan dalam Piala Dunia 1950, negara yang sedang bertikai atau terpecah, tidak boleh ikut serta. Selain itu, Jerman juga memutuskan untuk tidak ikut dalam Piala Dunia pertama pada 1930, hampir sama seperti Italia.

Namun sekarang Jerman akan datang ke Piala Dunia 2018 Rusia, bahkan berhasil menjadi pemenang di grup C. Hasil sempurna berhasil di raihnya, dimana mendapatkan 27 poin untuk sembilan pertandingan. Apakah nantinya akan kembali menjadi Juara? Ini memang belum bisa dipastikan karena Piala Dunia baru akan di mulai 14 Juni mendatang, namun sudah banyak yang menjagokan Jerman.

Prancis

Salah satu kandidat pemenang Piala Dunia 2018, Prancis pernah tidak ikut dalam Piala Dunia sebanyak 6 kali.  Absen pada 1962, 1970, 1974, 1990 dan 1994, sedangkan pada Piala Dunia 1950, Prancis menarik diri dari keikursertaan tanpa ada alasan jelas, sekalipun sudah dinyatakan lolos dari babak kualifikasi.

Dimana masuknya Zinadine Zidane, langsung memberikan banyak perubahan. Bahkan di Piala Dunia 1998, Les Blues berhasil membawa pulang trofi kemenangan. Ini kerja keras yang cukup membanggakan, pasalnya selama kegagalan ini banyak yang memprediksi Prancis sudah bukan lagi lawan yang tangguh. Namun lagi-lagi sudah banyak pengamat yang berpendapat, jika Prancis akan memperoleh kembali tempat juara.

Argentina

Pernah absen dua kali dalam Piala Dunia, pada tahun 1938 dan 1954, ini bukan gagal masuk dalam babak kualifikasi, melainkan terjadi kondisi politik yang memburuk sehingga tidak boleh ikut dalam turnamen Piala Dunia. Bahkan di Piala Dunia 1970, masuk hingga putaran final.

Argentina kembali menjadi negara yang di jagokan dalam Piala Dunia 2018 mendatang, hal tersebut karena Lionel Messi ingin memberikan trofi kemenangan, jika tidak dirinya akan pensiun dalam ajang pertandingan sepakbola internasional bersama tim Tango.

Inggris

Negara dengan banyak pemain bintang namun sulit sekali menjadi pemenang, Inggris hanya berhasil menjadi pemenang pada tahun 1966. Namun ternyata Inggris pernah gagal dalam babak kualifikasi pada Piala Dunia 1994, saat ini Graham taylor yang menjadi pelatih timnas.  Selain itu, The Three Lions juga pernah absen pada penyelenggaraan pertama Piala Dunia 1930 dan absen kembali Piala Dunia 1938, karena mengikuti Perang Dunia II.

Piala Dunia 2018 memang memastikan Inggris ikut serta, karena gol Harry Kane di babak injury time di Stadion Wembley , kala kontra Sloveia. Ini membuat Inggris menjadi juara di Grup H dan berhak mendapatkan tiket bermain di Rusia.

Spanyol

Piala Dunia 2018 akan jadi penampilan ke-11  Spanyol, unik kembali. Ini kedatangan ke-11 secara berurutan, dimana tidak pernah absen kembali setelah Piala Dunia 1974. Berhasil menjadi pemenang pada Piala Dunia 1964 dan 2010.

Kali ini La Furia Roja akan tampil maksimal, setelah berhasil mengalahkan Albania. Banyak yang mengatakan jika Spanyol memiliki peluang untuk jadi pemenang, namun ini harus melihat bagaimana permainan sekarang ini.

tim spanyol

Ternyata banyak juga negara yang pernah jadi pemenang namun harus absen dalam gelaran Piala Dunia, dimana kini hampir semua negara tersebut kembali dalam Piala Dunia 2018 dan menjadi kandidat pemenang. Namun Italia yang nampaknya kurang beruntung, karena harus gugur di babak kualifikasi.