5 Fakta Unik Piala Dunia Sepanjang Masa

Posted on

Salah satu olahraga yang paling populer di seluruh dunia adalah sepakbola. Olahraga yang mengadu kemampuan menggocek bola ini bisa dinikmati siapapun tanpa ada batasan. Pertandingan bola pun menjadi hiburan yang selalu layak dinikmati, terlebih lagi ajang Piala Dunia yang sudah terlaksana sejak tahun 1930 tersebut.

Setelah berlangsung selama 88 tahun, tentunya ada banyak peristiwa yang terjadi. Namun tidak banyak yang mengetahui fakta di balik sejarah Piala Dunia 2018, terlebih lagi jika bukanlah seorang pengamat melainkan hanya seorang penikmat sepakbola.

fakta unik piala dunia

Deretan Fakta Yang Layak Untuk Anda Ketahui

Tuan Rumah Pertama

Piala Dunia pertama kali diadakan pada tahun 1930 dan negara pertama yang memperoleh kehormatan untuk menjadi tuan rumah adalah negara Uruguay. Selain menjadi penyelenggara, negara Amerika Latin ini pun juga keluar menjadi juara setelah berhasil menekuk Argentina dengan skor 4 – 2. Ini adalah kali pertama Uruguay memenangkan Piala Dunia.

Fakta menarik lainnya di gelaran Piala Dunia pertama tersebut adalah posisi Amerika Serikat yang berhasil menyabet gelar juara ketiga. Hal ini tentunya sebuah prestasi yang sayangnya belum bisa dipertahankan, sebab sampai sekarang Amerika Serikat belum pernah lagi menjuarai Piala Dunia.

Seiring berjalannya waktu setelah Piala Dunia pertama tersebut, prestasi negara Amerika Latin pun menurun dan digantikan oleh kemenangan negara-negara Eropa. Namun, bukan berarti Amerika Latin terpuruk begitu saja, mereka masih memenangi 9 kali pertandingan sejak 20 kali penyelenggaraan Piala Dunia sejak 1930, sedangkan Eropa menjadi juara sebanyak 11 kali.

Penundaan Piala Dunia

Piala Dunia yang kedua diadakan pada tahun 1934 di Italia dan yang ketiga pada tahun 1938 di Perancis. Namun, Piala Dunia berikutnya tidak dilaksanakan empat tahun sesudah ajang yang ketiga. Pasalnya situasi dunia saat itu sedang memburuk dan tidak aman dikarenakan situasi politik di Eropa yang memanas. Terlebih lagi ketika Perang Dunia kedua pecah dan situasi baru mereda pada tahun 1950.

Setelah ditunda selama 12 tahun, akhirnya Brazil dipilih untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia selanjutnya. Namun tidak seperti Italia dan Perancis yang berhasil tampil gemilang sebagai tuan rumah, negeri Samba tersebut justru malah sebaliknya. Brazil berhasil dikalahkan dengan skor 2 – 1 oleh Uruguay yang mengantarkan Uruguay menjadi juara untuk kali kedua.

fakta unik piala dunia sepanjang sejarah

Final Perpanjangan Waktu

Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1966. Pada gelaran ini, timnas Inggris yang mendapat julukan The Three Lions ini juga berhasil mempersemahkan trofi juara untuk negara mereka. Untuk pertama kalinya, Inggris berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4 – 2.

Dalam ajang ini pula, untuk pertama kalinya, final dilalui lewat adanya perpanjangan waktu. Hal ini dilakukan setelah skor berhasil ditahan imbang 2 – 2 selama 90 menit. Kala itu, pemain-pemain legendaris Inggris ikut serta membela tim nasional negara monarki tersebut. Mereka adalah Bobby Moore, Geoff Hurst dan masih banyak lagi

Kejayaan Brazil

Dengan menundukkan Italia pada Piala Dunia tahun 1970, Brazil berhasil membuktikan diri sebagai tim nasional yang patut untuk diperhitungkan. Bagaimana tidak? Ini adalah kemengan Brazil untuk yang ketiga kalinya. Selain itu, kemenangan sebanyak tiga kali ini belum pernah diraih oleh negara lain dan hal ini pun menghantarkan Negeri Samba untuk meraih piala Jules Rimet secara permanen.

Pada Piala Dunia yang digelar di Meksiko tersebut, Brazil menang dengan skor telak 4 – 1 atas Italia. Meksiko sendiri sebagai tuan rumah belum beruntung untuk bisa merasakan menjadi juara.

Munculnya Sang Fenomenal

Pada Piala Dunia tahun 1986 yang kembali digelar di Meksiko, sempat melambungkan satu nama yang hingga kini masih dikenang. Nama Diego Armando Maradona pun mencuat karena aksi yang dinamainya dengan “Tangan Tuhan” tersebut membuatnya menjadi bahan perbincangan yang hangat di semua kalangan.

Pada ajang Piala Dunia kali ini, tim tango Argentina berhasil menekuk tim nasional Jerman Barat dengan skor kemenangan 3 – 2. Hal ini membawa Argentina untuk yang kedua kalinya menjadi juara Piala Dunia. Selain itu, sepanjang permainan, aksi Maradona menjadikan pertandingan tersebut sebagai tontonan yang tidak terlupakan.