3 Pemain Ganti Kewarganegaraan Demi Piala Dunia 2018

Posted on

Piala Dunia 2018 memang jadi magnet besar bagi setiap pemain sepakbola, semua ingin ikut dalam turnamen empat tahunan tersebut. Seleksi sudah dilakukan dan membuat sebuah hasil mencengangkan, dimana ada beberapa negara yang sebelumnya bisa tampil di Piala Dunia 2014, namun gagal melaju di Rusia pada 14 Juni mendatang.

Italia yang telah mendapatkan empat kali trofi Piala Dunia, harus menanggung malu saat gagal berangkat ke Rusia pada Piala Dunia 2018. Bukan hanya itu saja, pasukan The Oranje, Belanda juga termasuk dalam negara yang gugur di babak penyisihan. Masih ada juga Amerika Serikat, Ghana, Kamerun, Chile dan Pantai Gading. Padahal di Piala Dunia 2014, sebagian besar masuk ke final Piala Dunia di Brasil tersebut. Sudah ada 32 negara yang siap berlaga, dimana ada dua negara debutan, Panama dan Islandia.

Kini masalah yang muncul, ada pemain yang tidak bisa ikut dalam Piala Dunia 2018 karena masalah kewarganegaraan yang tidak jelas. Dimana kemampuan dan kesempatan untuk tampil sudah di depan mata, bahkan sebagian besar merupakan pemain muda yang bisa saja bersinar saat bermain di Piala Dunia 2018 mendatang, siapa saja mereka ?.

3 Pemain Maju Mengganti Kewarganegaraan Demi Piala Dunia 2018

Leon Baile

Tergabung dalam Bayer Leverkusen dan tengah berada di prestasi gemilang dengan menjadi striker muda yang sangat produktif mencetak angka, harusnya Leon Bailey bergabung dengan Timnas Jamaika. Hal ini karena sebelumnya sudah masuk dalam Timnas Jamaika U-23, namun ada isu baru yang berkembang di awal tahun 2018.

leon balle

Dimana striker muda yang baru berusia 20 tahun tersebut, menyebutkan jika masih memiliki garis keturunan Inggris. Ini didapatkan dari kakek dan neneknya, seperti inilah kutipan dari situs resmi bundesliga. Pernyataan in nampaknya mendapatkan perhatian tersendiri oleh FA, selaku Federasi Sepak Bola Inggris mulai menyelidiki hal tersebut.

Ternyata terbukti benar jika Bailey memiliki keturunan Inggris sehingga bisa berganti kewarganegaraan, namun belum ada konfirmasi resmi dari pihak FA yang sudah dinantikan oleh ayah Bailey dan keluarga. namun pihak keluarga juga sedang menunggu bagaimana sikap dan respons Jamaika, apakah akan memberikan tempat untuk Bailey atau tidak.

Striker muda ini memang sedang dalam kondisi terbaiknya, pasalnya dalam 20 penampilan di Bundesliga sudah mencetak 9 gol besraam Bayer Leverkusen. Sudah pasti akan jadi salah satu pemain bersinar di Piala Dunia 2018 Rusia mendatang.

Willian Jose

Terlahir di Porto Calvo, Brasil, sudah pasti Willian Jose berkewarganegaraan Brasil. Bahkan mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Brasil U-20, bukan hanya menjadi salah satu pemain saja, namun mencetak prestasi gemilang dengan 5 gol dalam 15 penampilan. Tetapi tidak ada tindak lanjut yang memberikan dirinya tiket bergabung dengan Timnas Senior.

Inilah yang membuat Jose membuat keputusan untuk meninggalkan Brasil dan datang ke Spanyol pada 2014, tidak tanggung-tanggung langsung datang ke Real Madrid B. Ini sebuah kesempatan yang cukup langka bukan, dirinya meniru Diego Costa, sang senior mantan pemain Las Palmas.

Dimana akhirnya memutuskan menjadi pemain naturalisasi dan berhasil bergabung dengan Timnas Spanyol, ketika ditanya kenapa tidak bergabung dengan Timnas Brasil. Jawaban klise diberikan, dimana Brasil akan selalu memanggil pemain yang sama untuk Piala Dunia, di sini dirinya mendapatkan tawaran serupa untuk datang ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Mariano Diaz

Memulai debut internasional pada tahun 2013 dengan bergabung dengan Timnas Republik Dominika dan berhasil mencetak gol, setelahnya tidak da lagi wajah Mariano Diaz. Ternyata striker terbaik yang dimiliki Real Madrid B dan C tersebut ingin mengembangkan karier profesional pemain sepakbola.

Tahun 2018, wajah Mariano kembali terlihat dalam ajang internasional, namun tidak lagi bersama Republik Dominika, namun dengan Spanyol. Ternyata setelah diselidiki, ternyata Mariano merupakan kelahiran Spanyol pada 1 Agustus 1993.

mariano diaz

Tentu saja, Julen Lopetegui, langsung bergerak cepat dan memasukkan nama Mariano dalam Timnas Spanyol. Bahkan sekarang ini, Mariano sedang dalam status pemain pinjaman di Lyon. Bermain dengan bagus dan produktif dalam mencetak gol di setiap pertandingan, terbukti 24 penampilan berhasil mencetak 14 gol dalam Liga Prancis di sepanjang musim.

Ternyata banyak hal yang melatar belakang kenapa pemain tersebut memutuskan untuk ganti kewarganegaraan, namun ada juga yang kembali ke tanah kelahiran. Ini semua demi bisa tampil dalam Piala Dunia 2018 Rusia yang akan berlangsung kurang dari 2 bulan lagi.